Capaian pembelajaran

Pernyataan yang dibuat dalam capaian pembelajaran menggunakan rumusan tingkah laku yang bersifat umum dan belum sfesifik sehingga dapat saja menimbulkan berbagai  penafsiran. Capaian pembelajaran akan dicapai dalam beberapa tahap proses pembelajaran yang secara rinci dirumuskan  dalam capaian pembelajaran yang lebih spesifik yang disebut dengan kemampuan akhir yang diharapkan.

Untuk merumuskan capaian pembelajaran dapat digunakan sebuah format yang disebut dengan format ABCD (Audience, Behaviour, Content, Condition, Degree) dengan rincian sebagai berikut :

  • A = Audience = subyek belajar
  • B = Behaviour = tingkah laku
  • C1 = Content = materi belajar
  • C2 = Condition = kondisi pencapaian
  • D = Degree = kriteria keberhasilan

Contoh rumusan capaian pembelajaran :

Mahasiswa mampu memahami hakekat filsafat ilmu dalam penulisan karya ilmiah dengan benar setelah diberikan materi pembelajaran filsafat ilmu selama 7 pertemuan.

Contoh rumusan capaian pembelajaran tersebut dapat disingkat menjadi :

Mahasiswa mampu memahami hakekat filsafat ilmu dan menerapkannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Informasi lebih lanjut tentang cara merumuskan capaian pembelajaran dengan format ABCD dapat didownload dengan meng-klik link ini :    Merumuskan capaian pembelajaran

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *