Bahan Presentasi

Bahan presentasi adalah pesan atau materi yang akan disampaikan oleh dosen dengan menggunakan program/aplikasi komputer melalui perangkat pendukung proyektor. Materi yang akan disampaikan dengan bahan presentasi dapat berupa teks, gambar, animasi, audio dan video yang digabung atau dikombinasi dalam kesatuan yang utuh.

Banyak jenis perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi, salah satunya adalah Microsoft Powerpoint. Bahan presentasi yang baik disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

  1. Tentukan topik sesuai dengan materi yang akan disampaikan
  2. Siapkan materi yang sesuai dengan kemampuan akhir yang diharapkan.
  3. Seleksi materi yang sesuai dengan karakteristik bahan presentasi karena tidak semua materi cocok untuk dituangkan melalui bahan presentasi.
  4. Tulis materi yang telah dipilih dalam kalimat yang singkat dan hanya memuat poin-poin penting saja.
  5. Tuangkan pesan-pesan yang disajikan dalam berbagai format seperti teks (kata-kata), gambar, animasi atau audio-visual.
  6. Sajikan isi materi secara urut dan sistematis agar pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami mahasiswa.
  7. Buatlah slide secukupnya namun tidak menghilangkan esensi materi dan sesuai dengan alokasi waktu yang diperlukan dalam proses pembelajaran.
  8. Pastikan materi yang ditulis cukup lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh mahasiswa.
  9. Perhatikan alokasi waktu. Jangan membuat slide presentasi terlalu banyak sehingga akan menghabiskan waktu saat proses pembelajaran.

Bahan presentasi seluruh program studi di Universitas Esa Unggul sudah tersedia di website pembelajaran http://ddp.esaunggul.ac.id dan akan dimutakhirkan. Bagi dosen yang sudah melakukan pemutakhiran akan dinilai berdasarkan pedoman yang sudah ditetapkan. Bagi yang sudah disetujui akan diberikan reward sebesar (bagi yang berkepentingan hubungi kami) per mata kuliah.

File dapat didownload :

  1. Pedoman penyusunan PPT
  2. Pedoman Penilaian Bahan Presentasi
  3. Template PPT UEU Pertemuan 1
  4. Template PPT UEU Pertemuan 2 dan seterusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *