Kemampuan akhir

Rumusan kemampuan akhir hendaknya mengandung rumusan tingkah laku yang bersifat khusus,  sehingga tidak mengandung berbagai penafsiran. Rumusan kemampuan akhir yang baik dibuat dengan lengkap dan jelas.

Lengkap berarti mengandung  rambu-rambu subyek belajar, tingkah laku yang operasional, materi belajar, kondisi pencapaian dan kriteria keberhasilan. Jelas artinya tidak memungkinkan tafsiran ganda atau menggunakan tingkah laku operasional yang dapat diamati, mengandung satu tingkah laku dan dapat diukur.

Untuk merumuskan kemampuan akhir yang lengkap dapat digunakan sebuah format yang disebut dengan format ABCD (Audience, Behaviour, Content, Condition, Degree). Contoh pengisian format ABCD tersebut adalah  :

  • A = Mahasiswa
  • B = Mampu menguraikan
  • C1 = Pengertian filsafat, filsafat ilmu dan bidang kajian filsafat ilmu
  • C2 = Diberikan uraian tentang pengertian filsafat, filsafat ilmu dan bidang kajian filsafat ilmu
  • D = Dapat menguraikannya dengan benar

Contoh rumusan kemampuan akhir yang lengkap :

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian filsafat dan filsafat ilmu serta bidang kajian filsafat ilmu dengan benar setelah diberikan uraian tentang pengertian filsafat, filsafat ilmu dan bidang kajian filsafat ilmu.

Contoh rumusan kemampuan akhir minimal :

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian filsafat dan filsafat ilmu serta bidang kajian filsafat ilmu.

Informasi tentang cara merumuskan kemampuan akhir yang dilengkapi dengan tingkah laku yang operasional dapat di download dengan meng klik link ini :    Merumuskan kemampuan akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *