Media Pembelajaran

MEDIA PEMBELAJARAN

Media-media pembelajaran yang berbentuk media cetak maupun media elektronik dapat digunakan sebagai alat peraga yang digunakan oleh untuk menyampaikan materi pembelajaran. Macam-macam alat peraga yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah :

  1. Alat bantu lihat dengar (audio visual aids) atau media audio visual, yakni media pembelajaran yang mempunyai unsur suara dan gambar misalnya : audio visual bergerak misalnya robot dan audio visual diam misalnya VCD, siaran televisi, sinetron,sandiwara, diskusi, pidato/ceramah, quiz, dan sebagainya.
  2. Alat bantu dengar (audio aids) atau media auditif, yakni media pembelajaran yang mengandalkan suara, misalnya : tape recorder, piringan hitam, compact disk, pita suara, siaran radio, obrolan/tanya jawab, sandiwara, ceramah, dan sebagainya
  3. Alat bantu lihat (visual aids) atau media visual, yakni media pembelajaran yang mengandalkan penglihatan, baik yang diproyeksikan dan tidak diproyeksikan.
  4. Alat yang diproyeksikan : slide atau film bingkai, film rangkai, film strip, LCD, dan sebagainya.
  5. Alat yang tidak diproyeksikan dua dimensi misalnya gambar, lukisan, foto, peta, bagan, poster, rubric/tulisan di surat kabar, booklet, leaflet, flyer, flip chart, whiteboard, dan sebagainya
  6. Alat yang tidak diproyeksikan tiga dimensi misalnya benda asli seperti atlas, boneka, dan sebagainya atau benda tiruan seperti bola dunia, spare part dan sebagainya.

Informasi tentang media pembelajaran dapat didownload dengan meng-klik link ini :    Media pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *