Metode Pembelajaran SCL

MODEL PEMBELAJARAN SCL

Bentuk pembelajaran yang baik harus menggunakan lebih dari 3 metode pembelajaran yang relevan dengan hasil akhir yang diharapkan, langkah-langkah pembelajaran harus benar-benar berpusat pada mahasiswa dan semuanya sesuai dengan  hasil akhir yang diharapkan dan ditentukan juga cara memotivasi mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan penerapan serta analisis atau sintesis dan mengintegrasikan informasi. Bentuk pembelajaran tersebut juga membuat mahasiswa mampu menilai pentingnya informasi dan memperoleh kesempatan untuk terlibat aktif dalam lebih dari satu kegiatan.

Dalam proses pembelajaran, setiap dosen juga harus memotivasi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan penerapan serta analisis atau sintesis dan mengintegrasikan berbagai informasi. Dosen juga harus menciptakan bentuk pembelajaran yang membuat mahasiswa memperoleh kesempatan untuk terlibat aktif dalam lebih dari satu kegiatan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut setiap dosen dapat memilih model pembelajaran SCL yang terdiri dari :

  • Model pembelajaran contextual instruction : Metoda SCL ini mirip dengan metoda ceramah dalam pembelajaran TCL namun informasi yang diberikan dosen dalam pembelajaran harus berpusat pada pengalaman aktual mahasiswa sehingga mahasiswa tidak pasif.
  • Model pembelajaran small group discussion, cooperative learning, project base learning atau simulation : Metoda-metoda SCL ini memerlukan presentasi mahasiswa di depan kelas sehingga mahasiswa harus aktif dalam proses pembelajaran.
  • Model pembelajaran discovery learning atau collaborative learning : Metoda-metoda SCL ini dilakukan oleh mahasiswa di luar kelas dengan data dan petunjuk dari dosen sehingga mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini cocok untuk pembelajaran tatap muka dan online.
  • Model pembelajaran self directed learning, dan problem base learning : Metoda-metoda SCL ini dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di luar kelas dengan fasilitas dari dosen sehingga mahasiswa sangat aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan peran dosen hanya sedikit saja. Model pembelajaran ini cocok untuk pembelajaran tatap muka dan online.

Informasi tentang model pembelajaran SCL dapat didowload dengan meng-klik link ini  :     Metoda-pembelajaran-SCL

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *